ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS IV DI MI NW LENDANG BATU TAHUN AJARAN 2023/2024

DWI APRILIA, APRILIA, DWI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS IV DI MI NW LENDANG BATU TAHUN AJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
1. ARTIKEL.pdf

Download (549kB)
[img] Text
3. BAB I-III.pdf

Download (294kB)
[img] Text
4. SKRIPSI (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi membaca siswa, upaya yang dilakukan dalam mengembangkan kemampuan literasi membaca siswa, serta faktor penghambat dalam mengembangkan kemampuan literasi membaca siswa kelas IV di MI NW Lendang Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Penelitian di laksanakan di MI NW Lendang Batu Kec. Sukamulia alokasi waktu yang digunakan sejak tanggal 17 juli-5 agustus 2023. Sumber data berupa data primer yaitu memperoleh data dari responden yaitu wali kelas dan siswa kelas IV, data sekunder yaitu catatan guru, serta dokumen yang terkait dengan kemampuan literasi membaca. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan analisis data menggunkaan Miles and Huberman yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi/menarik kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan, kemampuan literasi membaca siswa sudah baik dari 7 subjek yang diteliti 3 siswa pada level intervensi khusus cerita-2, 2 siswa pada level intervensi khusus cerita-1, dan 2 siswa pada level intervensi khusus- huruf. Upaya yang dilakukan guru bagi siswa yang kurang lancar dimana siswa dibimbing jika terdapat materi teks bacaan dan pada saat jam istirahat, namun terdapat beberapa faktor penghambat dimana kurangnya fasilitas sarana dan prasarana penunjang kemampuan literasi membaca siswa yang disediakan oleh sekolah, serta faktor diluar lingkungan sekolah dimana siswa kurang mendapatkan perhatian dari orang tua, di rumah siswa lebih tertarik untuk bermain game sehingga kegiatan literasi membaca hanya dilakukan di sekolah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:12
Last Modified: 09 Jan 2024 02:12
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5390

Actions (login required)

View Item View Item