PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK MATH UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 4 MASBAGIK UTARA

Hasanah, Radiatul (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK MATH UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 4 MASBAGIK UTARA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Proposal)
PROPOSAL BAB 1-3.pdf - Submitted Version

Download (190kB)
[img] Text (Thesis)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Radiatul Hasanah, 190102065, Pengembangan media Busy Book Math Untuk Mengembangkan Minat Belajar Siswa Pada Kurikulum Merdeka Di SD Negeri 4 Masbagik Utara. Fakultas Ilmu Pendidikan. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Busy Book Math untuk mengembangkan minat belajar siswa pada kurikulum merdeka di SD Negeri 4 Masbagik Utara, dan bertjuan untuk mengetahui kelayakan media Busy Book Math, serta bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap media Busy Book Math. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang telah dikembangkan oleh Robert Maribe Branch, yang terdiri dari lima langkah yaitu (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas 1 di SD Negeri 4 Masbagik Utara, dengan jumlah 15 peserta didik. Data penelitian dan pengembangan ini diproleh dari validasi ahli media, ahli materi, dan angket respon peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket respon peserta didik. Instrument penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar validasi dan angket respon peserta didik. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa Busy Book Math sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli media, dan ahli materi. Hasil validasi media mendapatkan hasil dalam kategori ‘’cukup baik’’ dengan skor ‘’49’’ (39 < X ≤ 51), sedangkan hasil validasi dari ahli materi ‘’cukup baik’’ dengan skor ’’45’’ (39 < X ≤ 51). Berdasarkan data tersebut media Busy Book Math yang dikembangkan dapat dikatakan layak untuk digunakan. Kata Kunci: Media, Busy Book Math

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 10 Jan 2024 01:54
Last Modified: 10 Jan 2024 01:54
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5413

Actions (login required)

View Item View Item