PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL “PAPAN PINTAR” TERHADAP ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 2 DI MI HAMZANWADI NO.1 PANCOR

PERTIWI, HARIANI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL “PAPAN PINTAR” TERHADAP ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 2 DI MI HAMZANWADI NO.1 PANCOR. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
ABSTRAK Hariani Pertiwi.pdf - Submitted Version

Download (369kB)
[img] Text
BAB I-BAB 3.pdf - Submitted Version

Download (696kB)
[img] Text
SKRIPSI HARIANI PERTIWI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Hariani Pertiwi (2023), Pengembangan media visual “Papan Pintar” terhadap anak Autism Specrtrum Disorder (ASD) pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 2 di MI Hamzanwadi No.1 Pancor, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan hasil validasi media visual “Papan Pintar” terhadap anak Autism Spectrum Disorder (ASD) pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 2 dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: (a) Tahap Analysis, (b) Tahap Design, (c) Tahap Development, (d) Tahap Implementasi, dan (e) Tahap Evaluation. Penelitian ini diujicobakan kepada siswa autis kelas 2 yang mengalami hambatan prilaku, komunikasi, dan interaksi sosial. Intrumen penelitian menggunakan lembar validasi ahli materi dan ahli desain tampilan serta menggunkan pedoman wawancara guru/kepala sekolah. Hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 96 dengan interval skor X > 83,94 sehingga memperoleh kategori “Sangat Baik”. Hasil validasi ahli desain tampilan mendapatkan skor 86 dengan interval skor X > 83,94 sehingga memperoleh kategori “Sangat Baik”. Hasil wawancara guru dan kepala sekolah bahwa media visual “Papan Pintar” mampu mengakomodir siswa autis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, materinya sesuai dengan tingkat kemampuan anak autis sehingga mudah dipahami dan desain tampilan media yang dapat menarik perhatian siswa untuk digunakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media visual “Papan Pintar” sangat efektif digunakan dalam menunjang pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas sebagai alat bantu bagi siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Kata Kunci: Pengembangan Media, Papan Pintar, Autis, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 10 Jan 2024 01:47
Last Modified: 10 Jan 2024 01:47
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5416

Actions (login required)

View Item View Item