PENGARUH MEDIA DIORAMA AUDIOVISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERUMUSAN NASKAH PROKLAMASI DI KELAS V SD NEGERI 01 DADAP SAMBELIA

KHOTIMAH, HUSNUL (2023) PENGARUH MEDIA DIORAMA AUDIOVISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERUMUSAN NASKAH PROKLAMASI DI KELAS V SD NEGERI 01 DADAP SAMBELIA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
Abstrak husnul khotimah 190102188.pdf - Submitted Version

Download (234kB)
[img] Text
BAB I 2 3 Husnul khotimah, 190102188.pdf - Submitted Version

Download (507kB)
[img] Text
Skripsi Husnul Khotimah 190102188.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Husnul Khotimah, 2023: Pengaruh Media Diorama Audiovisual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Perumusan Naskah Proklamasi Di Kelas V SD Negri 01 Dadap Sambelia Tahun Pelajaran 2022/2023, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media diorama audiovisual terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perumusan naskah proklamasi di kelas V SD Negri 01 Dadap Sambelia. Jenis penelitian ini merupakan penelitiann eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling purposive. Teknik untuk mengumpulkan data yaitu dengan observasi dan angket. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dengan metode shapiro wilk dan uji hipotesis menggukan rumus paired sampel t-test dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media diorama audiovisual berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perumusan naskah proklamasi di kelas V SD Negri 01 Dadap Sambelia tahun pelajaran 2022/2023. Hal tersebut dibuktikan dengan skor rata-rata pretest yaitu 62, 09 kemudian setelah diberikan perlakuan oleh peneliti terjadi peningkatan yang bisa dibuktikan dengan skor rata-rata posttest yaitu 69, 38. Selain itu pada penelitian ini juga disesuaikan dengan uji hipotesis, hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggukan rumus paired sampel t-test dengan taraf signifikan 0,05 dengan hasil nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan cukup signifikan dari media diorama audiovisual terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perumusan naskah proklamasi. Kata Kunci: Media Diorama Audiovisual, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:33
Last Modified: 10 Jan 2024 02:33
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5423

Actions (login required)

View Item View Item