KHOTIMAH, HUSNUL (2023) PENGARUH MEDIA DIORAMA AUDIOVISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERUMUSAN NASKAH PROKLAMASI DI KELAS V SD NEGERI 01 DADAP SAMBELIA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
Abstrak husnul khotimah 190102188.pdf - Submitted Version Download (234kB) |
|
Text
BAB I 2 3 Husnul khotimah, 190102188.pdf - Submitted Version Download (507kB) |
|
Text
Skripsi Husnul Khotimah 190102188.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Husnul Khotimah, 2023: Pengaruh Media Diorama Audiovisual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Perumusan Naskah Proklamasi Di Kelas V SD Negri 01 Dadap Sambelia Tahun Pelajaran 2022/2023, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media diorama audiovisual terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perumusan naskah proklamasi di kelas V SD Negri 01 Dadap Sambelia. Jenis penelitian ini merupakan penelitiann eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling purposive. Teknik untuk mengumpulkan data yaitu dengan observasi dan angket. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dengan metode shapiro wilk dan uji hipotesis menggukan rumus paired sampel t-test dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media diorama audiovisual berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perumusan naskah proklamasi di kelas V SD Negri 01 Dadap Sambelia tahun pelajaran 2022/2023. Hal tersebut dibuktikan dengan skor rata-rata pretest yaitu 62, 09 kemudian setelah diberikan perlakuan oleh peneliti terjadi peningkatan yang bisa dibuktikan dengan skor rata-rata posttest yaitu 69, 38. Selain itu pada penelitian ini juga disesuaikan dengan uji hipotesis, hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggukan rumus paired sampel t-test dengan taraf signifikan 0,05 dengan hasil nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan cukup signifikan dari media diorama audiovisual terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perumusan naskah proklamasi. Kata Kunci: Media Diorama Audiovisual, Minat Belajar.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Zurriyatun Thayyibah |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 02:33 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 02:33 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5423 |
Actions (login required)
View Item |