PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FUN BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 DI MI NURUL HIKMAH KADINDI TAHUN AJARAN 2023/2024

KHAIR, IMAMUL (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FUN BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 DI MI NURUL HIKMAH KADINDI TAHUN AJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
CamScanner 18-11-2023 10.55.pdf - Submitted Version

Download (393kB)
[img] Text
PROPOSAL 1,2,3,.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_IMAMUL_KHAIR_11_Nov_23[1].pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Imamul Khair, NPM 180102014: 2023: Pengembangan bahan ajar fun book untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di MI Nurul Hikmah Kadindi. Skripsi Jurusan Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hamzanwadi 2023: Pembimbing I: Muhammad Husni, M. Pd. ; Pembimbing II Yul Alfian Hadi, M. Pd Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di MI Nurul Hikmah Kadindi untuk memudahkan siswa dalam membaca dan mengenal huruf, sehingga memudahkan siswa dalam belajar membaca. Karena metode media merupakan suatu yang perlu dikembangkan dalam proses belajar mengajar karena dengan media akan mempermudah anak dalam memahami apa yang disampaikan oleh guru. Berbicara mengenai media ajar fun book bahwa media ajar fun book adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual ke dalam bentuk majalah sebagai curahan ataupun fikiran, yang bermacam macam seperti lukisan, potret, slide, film, strip dan proyektor sedangkan fun book adalah abjad-abjad yang dituliskan pada setiap lembar media fun book, baik karton, kertas maupun papan tulis (tripleks). Kenyataannya siswa kelas 1 di MI Nurul Hikmah Kadindi kurang meningkatkan kemampuan dalam membaca sehingga mereka kurang bisa dalam mengeja huruf serta membaca. Hal ini disebabkan oleh kurang berminatnya siswa dalam membaca. Penelitian yang digunakan dalam peneliti dalam penelitian ini adalah Research & Development(RnD). Dari Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan. Dalam penelitian ini hanya menggunakan 4 tahapan. Tahapan-tahapan tersebut adalah pendefinisian, perancangan pengembangan dan penyebaran. Untuk mengetahui kualitas dan kelayakan produk yang dikembangkan, dialakukan validasi oleh 2 validator yaitu ahli media dan ahli materi. Produk yang dikembangkan berupa media fun book yang layak digunakan dengan revisi. Media fun book tergolong dalam kriteria “sangat baik” dengan perolehan rata-rata skor 87.5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perkembangan dan perbandingan antara dengan menggunakan media fun book dengan tidak menggunakan media tersebut. Pembelajaran yang menggunakan media dalam proses belajar mengajar kemampuan membaca membaca permulaan anak semakin meningkat dikarekan anak bersemangat ketika di suguhkan dan dijelaskan menggunakan media. Sedangkan dengan tidak menggunakan media akan terlihat jelas hanya guru saja yang aktif sedangkan anak pasif. Media yang bervariasi akan membuat kerja otak anak meningkat dan terjalin timbal balik interaksi anatara guru dan anak tersebut. Kata kunci: Bahan Ajar Fun Book, Membaca Permulaan

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:41
Last Modified: 10 Jan 2024 02:41
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5425

Actions (login required)

View Item View Item