SURVEI HAMBATAN GURU BK PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA DAN SMK NEGERI SEKECAMATAN SELONG

ASWARY, YULI (2023) SURVEI HAMBATAN GURU BK PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA DAN SMK NEGERI SEKECAMATAN SELONG. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text (PROPOSAL)
PROPOSAL.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version

Download (477kB)
[img] Text (THESIS)
SKRIPSI.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Yuli Aswary. “SURVEI HAMBATAN GURU BK PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA DAN SMK NEGERI SEKECAMATAN SELONG”. Program Studi Bimbingan dan Konseling 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil survei hambatan guru BK dan perumusan bentuk strategi pada implementasi kurikulum merdeka di SMA dan SMK Negeri Sekecamtan Selong. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif survei dengan melibatkan semua guru BK yang ada di SMA N 1 Selong, SMA N 2 Selong, SMK N 1 Selong dan SMK N 2 Selong. Dalam penelitian ini semua populasi dijadikan sampel yaitu semua Guru BK yang ada di empat sekolah sasaran yang berjumlah 29 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada hambatan internal dan eksternal berada pada kategori persentase hambatan rendah yang menunjukkan Guru BK di Empat sampel sekolah tersebut sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan baik yang dibuktikan dengan skor nilai rata2 persentase yang diperoleh dari hambatan internal yaitu 82,24% dan hambatan ektsternal yaitu 82,80%. Adapun bentuk rumusan rekomendasi yang diberikan adalah berdasarkan permendiknas nomor 27 tahun 2008 bahwa ada 4 kompetensi yang harus di miliki Guru BK diantaranya yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Keempat kompetensi ini harus terus di tingkatkan dalam layanan dasar, layanan responsif, layanan perencanaan individual dan dukungan sistem. Selain itu, bentuk rumusan rekomendasi yang diberikan adalah dengan meningkatkan mutu kepala sekolah dalam pendampingan layanan BK, meningkatkan kolaborasi antara Guru BK dengan wali kelas dan Guru mapel, membangun hubungan yang baik antara Guru BK dengan peserta didik dan sarana prasarana terus di tingkatkan. Kata kunci: Survei Hambatan Guru BK, Implementasi Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Manajemen Pendidikan > Tenaga Pendidik
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:03
Last Modified: 10 Jan 2024 04:03
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5433

Actions (login required)

View Item View Item