IMPLEMENTASI METODE FUN LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 4 MASBAGIK UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

HIDAYATI, ISMI (2023) IMPLEMENTASI METODE FUN LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 4 MASBAGIK UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
ABSTRACT.pdf - Submitted Version

Download (120kB)
[img] Text
BAB I - BAB III.pdf - Submitted Version

Download (291kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ismi Hidayati, 2023: Implementasi Metode Fun Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN 4 Masbagik Utara Tahun Pelajaran 2022/2023. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari implementasi metode fun learning terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II SDN 4 Masbagik Utara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest posttest design. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling purposive. Teknik untuk mengumpulkan data yaitu dengan observasi dan angket. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dengan metode shapiro wilk dan uji hipotesis menggukan rumus paired sampel t-test dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa metode fun learning berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa indonesia kelas II SDN 4 Masbagik Utara tahun pelajaran 2022/2023. Hal tersebut dibuktikan dengan skor rata-rata pretest yaitu 47,42 kemudian setelah diberikan perlakuan oleh peneliti terjadi peningkatan yang bisa dibuktikan dengan skor rata-rata posttest yaitu 57,42. Selain itu pada penelitian ini juga disesuaikan dengan uji hipotesis, hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggukan rumus paired sampel t test dengan taraf signifikan 0,05 dengan hasil nilai signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan cukup signifikan dari metode fun learning terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci: Fun Learning, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 11 Jan 2024 01:35
Last Modified: 11 Jan 2024 01:35
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5434

Actions (login required)

View Item View Item