PENGEMBANGAN MEDIA ACTIVITY BOOK UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA SLOW LEARNER KELAS V SD NEGERI 2 KELAYU UTARA

SURYANI, LILIK (2023) PENGEMBANGAN MEDIA ACTIVITY BOOK UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA SLOW LEARNER KELAS V SD NEGERI 2 KELAYU UTARA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
ABSTRACT.pdf - Submitted Version

Download (581kB)
[img] Text
BAB 1- BAB 3.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_LILIK SURYANI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Lilik Suryani (2023), Pengembangan Media “Activity Book” untuk melatih kemampuan menulis permulaan siswa Slow Learner kelas V SD Negeri 2 Kelayu Utara, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hamzanwadi. Pendidikan inklusif yakni sistem layanan pendidikan yang memberikan layanan yang sama terhadap semua anak di sekolah reguler. Pendidikan inklusif berarti mengikut sertakan siswa yang memiliki hambatan pada kurikulum, interaksi sosial dan konsep pembelajaran dengan mengembangkan pembelajaran sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan media “Activity Book” untuk melatih kemampuan menulis permulaan siswa Slow Learner kelas V dengan menggunakan desain penelitian Dick and Carey yang terdiri dari 10 langkah kemudian disederhanakan menjadi 9 langkah yaitu: (1) identifikasi tujuan, (2) analisis intruksional, (3) identifikasi tingkah laku awal dan karakteristik siswa, (4) merumuskan tujuan kinerja, (5) pengembangan tes acuan patokan, (6) pengembangan strategi pengajaran, (7) pengembangan atau memilih pengajaran, (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, (9) revisi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada seorang siswa Slow Learner kelas V yang mengalami hambatan pada kognitif dan komunikasi. Intsrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli media dan angket respon guru. Hasil uji validasi ahli materi mendapatkan skor 45 berada pada tentang skor X > 41,88 dengan katagori “sangat baik”. Hasil uji validasi ahli media mendapatkan skor 61 berada pada rentang skor 51 < x ≤ 63 dengan katagori “baik”. Berdasarkan angket respond guru bahwa media “Activitu Book” menarik dan mendapatkan skor 72 berada pada rentang X > 63. Berdasarkan hasil pre test dan pst test dapan dikatakan bahwa media “Activity Book” dapat dikatakan mampu melatih kemampuan menulis permulaan siswa Slow Learner sehingga media efektif untuk digunakan sebagai penunjang pembelajaran menulis permulaan bagi siswa Slow Learner. Kata Kunci: Pengembangan media, siswa slow learner, menulis permulaan

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:51
Last Modified: 11 Jan 2024 02:51
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5445

Actions (login required)

View Item View Item