PENGGUNAAN METODE SQ3R BERBASIS CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TEBABAN

WAHYUNI, LISKA (2023) PENGGUNAAN METODE SQ3R BERBASIS CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TEBABAN. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
PROPOSAl (1).pdf - Submitted Version

Download (751kB)
[img] Text
abstrak (3).pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
skripsi lis.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Liska Wahyuni (2023), Penggunaan metode SQ3R berbasis Cerita Rakyat pada Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri 1 Tebaban Kecamatan Suralaga, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Hamzanwadi. Pembimbing I: Muh. Taufiq M. Pd, dan Pembimbing II Dr. Donna Boedi Maritasari M. Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa Sekolah Dasar dengan metode membaca SQ3R berbasis cerita rakyat yang dapat diterapkan dalam membaca buku pelajaran. Langkah-langkah dalam metode SQ3R yaitu; (1) Survei (2) Question/ pertanyaan (3) Read/ membaca (4) Recite/ Recall/ menceritakan kembali dan (5) Review/ mengulas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakandalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi atau pengecekan data. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa penggunaan metode SQ3R berbasis cerita rakyat dapat meningkatkan keterampilan membaca karena pengguaan metode SQ3R yang sistematis. Kata Kunci: Metode SQ3R, Cerita Rakyat, keterampilan Membaca

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:31
Last Modified: 18 Jan 2024 02:31
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5451

Actions (login required)

View Item View Item