PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 1 KORLEKO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

MADANIYYAH, MAKKIYATUL (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 1 KORLEKO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
BAB I-III.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ARTIKEL MAKKIYATUL MADANIYYAH.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Makkiyatul Madaniyyah (2023) judul: Pengaruh Model Pembelajaran Paired Story Telling Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 1 Korleko Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Paired Story Telling Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 1 Korleko Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 korleko yang berjumlah 52 siswa dengan 2 rombel kelas yang terdiri dari kelas IV A berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol dan IV B bejumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes instrumen hasil belajar yang berupa pengambilan data pretest dan postest yang berjumlah 21 butir soal pilihan ganda yang diberikan kepada kelas kontrol dan eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, reabilitas, daya beda, derajat kesukaran, normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti setelah melakukan penelitian dengan perolehan skor nilai rata- rata postest siswa sebanyak 59,84 pada kelas kontrol dan skor nilai rata-rata postest 78,26 pada kelas eksperimen sehingga skor nilai rata rata kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan statistik diperoleh nilai pada taraf signifikan 5% adalah thitung lebih besar dari pada ttabel (20,575 > 2,008), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh model pembelajaran paired story telling terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas IV SDN 1 Korleko. Kata Kunci: Model pembelajaran paired story telling, hasil belajar bahasa indonesia.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:16
Last Modified: 18 Jan 2024 03:16
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5457

Actions (login required)

View Item View Item