MADANIYYAH, MAKKIYATUL (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 1 KORLEKO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
BAB I-III.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI ARTIKEL MAKKIYATUL MADANIYYAH.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
Makkiyatul Madaniyyah (2023) judul: Pengaruh Model Pembelajaran Paired Story Telling Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 1 Korleko Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Paired Story Telling Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 1 Korleko Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 korleko yang berjumlah 52 siswa dengan 2 rombel kelas yang terdiri dari kelas IV A berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol dan IV B bejumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes instrumen hasil belajar yang berupa pengambilan data pretest dan postest yang berjumlah 21 butir soal pilihan ganda yang diberikan kepada kelas kontrol dan eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, reabilitas, daya beda, derajat kesukaran, normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti setelah melakukan penelitian dengan perolehan skor nilai rata- rata postest siswa sebanyak 59,84 pada kelas kontrol dan skor nilai rata-rata postest 78,26 pada kelas eksperimen sehingga skor nilai rata rata kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan statistik diperoleh nilai pada taraf signifikan 5% adalah thitung lebih besar dari pada ttabel (20,575 > 2,008), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh model pembelajaran paired story telling terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas IV SDN 1 Korleko. Kata Kunci: Model pembelajaran paired story telling, hasil belajar bahasa indonesia.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Zurriyatun Thayyibah |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 03:16 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 03:16 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5457 |
Actions (login required)
View Item |