ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDI NW LINGKOK LALEM

AULIA, MARIROTUL (2023) ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDI NW LINGKOK LALEM. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
abstract (3).pdf - Submitted Version

Download (404kB)
[img] Text
bab i-iii (1).pdf - Submitted Version

Download (639kB)
[img] Text
SKRIPSI MARIROTUL AULIA 190102023.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

MARIROTUL AULIA: Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDI NW Lingkok Lalem. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Hamzanwadi, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk, 1.) Mengetahui apa saja kesulitan-kesulitan siswa dalam membaca permulaan, 2.) Mengetahui upaya apa saja yang dilakukan untuk menangani siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan Penelitian ini menggunakan metode deskriptif Kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa SDI NW Lingkok Lalem. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1.) 7 dari 20 siswa kelas satu mengalami kesulitan membaca permulaan, 2.) siswa di tes kemampuan membacanya menggunakan jenis tes EGRA, ditemukan beberapa siswa mengalami kesulitan di beberapa aspek seperti kesulitan mengenal huruf seperti sulit membedakan huruf “p” “v” dan “f” dan huruf “b” “d”, membaca kata bermakna seperti kata “merah” menjadi “mrah” dan kata “septi” menjadi “seperti”, membaca kata yang tidak mempunyai arti, kelancaran membaca nyaring dan pemahaman bacaan dan menyimak (pemahaman mendengar), 3.) Faktor penghambat yang menyebabkan siswa kesulitan membaca ialah kurangnya perhatian dari orang tua dalam membimbing siswa untuk membaca dirumah, kurangnya kesadaran dan motivasi diri dari siswa untuk belajar mandiri dan lebih suka untuk bermain, 4.) Upaya guru dalam menangani siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan kelas satu yakni dengan memanfaatkan waktu istirahat untuk dibimbing secara individu. Dapat disimpulkan bahwa 35% siswa kelas 1 SDI NW Lingkok Lalem mengalami kesulitan membaca permulaan di beberapa aspek diantaranya kesulitan mengenal huruf, membaca kata bermakna, membaca kata yang tidak mempunyai arti, kelancaran membaca nyaring dan pemahaman bacaan dan menyimak (pemahaman mendengar). Kata Kunci : Analisis, Kesulitan Membaca Permulaan, Tes EGRA

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:28
Last Modified: 18 Jan 2024 03:28
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5460

Actions (login required)

View Item View Item