ANALISIS PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM PEMBELAJARAN SENI DAN BUDAYA PADA MATERI KEARIFAN LOKAL SD NEGERI 3 MASBAGIK UTARA

SAPUTRI, RISMA EKA (2023) ANALISIS PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM PEMBELAJARAN SENI DAN BUDAYA PADA MATERI KEARIFAN LOKAL SD NEGERI 3 MASBAGIK UTARA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
ABSTRAK RISMA EKA S.pdf

Download (589kB)
[img] Text
PROPOSAL FULL RISMA EKA SAPUTRI_pdf.pdf

Download (588kB)
[img] Text
SKRIPSI RISMA EKA SAPUTRI_pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Risma Eka Saputri, (2023) Analisi Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Pembelajaran Seni dan Budaya pada Materi Kearifan Lokal SD Negeri 3 Masbagik Utara: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi. Pembimbing I: Dr. Habibuddin, M.Pd. Pembimbing II: Andi Sulastri, M.Pd. Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan bentuk pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran seni dan budaya pada materi kearifan lokal; (2) menjelaskan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran seni dan budaya pada materi kearifan lokal; (3) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran seni dan budaya pada materi kearifan lokal. Penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan model Miles dan Huberman terdiri dari pengumpula data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang berfokus kepada peserta didik dengan struktur belajar yang fleksibel dan pembelajaran yang menyenangkan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar sehingga peserta didik dapat leluasa mengembangkan kemampuan, minat, dan bakat yang dimmiliki. Kelancaran P5 dari lingkungan sekolah yang nyaman untuk belajar, fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, dan dukungan dari warga sekolah sehingga P5 berjalan dengan lancar, dengan pelaksanaan P5 dapat terwujudnya karakter peserta didik sesuai dengan dimensi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila diantaranya Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Berkebinekaan Global, Bergotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif. Kata Kunci: Kearifaan Lokal, P5, Seni dan Budaya.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:44
Last Modified: 26 Feb 2024 02:44
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5473

Actions (login required)

View Item View Item