AKTUALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL BUDAYA LOKAL SUKU SASAK DALAM KERAGAMAN MASYARAKAT PESISIR DI SD NEGERI 4 LABUHAN HAJI KECAMATAN LABUHAN HAJI

AFZIANA, SUKMA (2023) AKTUALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL BUDAYA LOKAL SUKU SASAK DALAM KERAGAMAN MASYARAKAT PESISIR DI SD NEGERI 4 LABUHAN HAJI KECAMATAN LABUHAN HAJI. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I-III.pdf

Download (477kB)
[img] Text
SKRIPSI SUKMA AFZIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK Sukma, A (2023), Aktualisasi nilai-nilai multikultural budaya lokal suku Sasak dalam keragaman masyarakat pesisir di SD Negeri 4 Labuhan Haji Kecamatan Labuhan Haji, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultras Ilmu Pendidikan (FIP), Univesrsitas Hamzanwadi Pembimbing I: Dr. Habibuddin, M.Pd Pembimbing II: Burhanuddin, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai multikultural budaya lokal suku Sasak di sekolah dasar (1) bentuk nilai-nilai multikultural budaya lokal suku Sasak di sekolah dasar. (2) peran dan fungsi nilai-nilai multikultural budaya lokal suku Sasak pada siswa, (3) aktualisasi nilai-nilai multikultural budaya lokal suku Sasak pada siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi atau pengecekan data. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa bentuk nilai-nilai multikultural budaya lokal suku Sasak pada siswa adalah nilai toleransi atau saling menghargai (saling ajinang), saling memberi (besiru), peduli sesama (rema), persauparaan (besemeton), kerjasama (bedadayan), kebersamaan (besopoq), gotong-royong (beriuq tinjal. Penerapan nilai-nilai multikultural tersebut dapat diterapkan melalui program dan kegiatan rutin di dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran di sekolah baik itu kegiatan harian, bulanan maupun tahunan yang dapat membentuk nilai dalam diri siswa baik itu siswa terhadap kepribadiannya, sesama, maupun lingkungannya. Kata Kunci: Nilai, Multikultural, Budaya lokal suku Sasak,

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Sosial dan Ekonomi > Fenomena Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 06 Mar 2024 01:38
Last Modified: 06 Mar 2024 01:38
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5503

Actions (login required)

View Item View Item