PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL SISWA

ARITIYASARI, WINA (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL SISWA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Proposal.pdf

Download (699kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (101kB)

Abstract

ABSTRAK WINA ARITIYASARI, NPM 190102106: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Dan Tanggung Jawab Social Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan (FIP), Universitas Hamzanwadi 2023. Pembimbing I: Dr. Habibuddin. M.Pd, Pembimbing II: Burhanuddin. M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan dan tanggung jawab sosial siswa. Penelitian ini merupakan jenis pengembangan dengan menggunakan desain Borg and Gall yang terdiri dari 10 (sepuluh) tahap yang disederhanakan menjadi 7 (tujuh) tahapan yaitu: 1) Analisis Kebutuhan, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan Produk Awal, 4) Pengujian Terbatas, 5) Revisi Hasil Uji Produk, 6) Uji Produk Utama, 7) Revisi Produk Akhir. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II SD Negeri 3 Lendang Nangka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, lembar validasi dan angket respon siswa terhadap bahan ajar tematik dengan menggunakan skala lima untuk uji validasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ahli materi berada pada kategori “Layak” dengan rentang skor 27,19 >33,59 dengan jumlah skor 32 dan rata-rata 4. Hasil uji validasi ahli media kategori “Layak” dengan rentang skor 57,79 <X ≤ 71,39 dengan jumhlah skor 67 dan rata-rata 3,94. Hasil uji validasi ahli media kategori “Sangat Layak” dengan rentang skor 34,002 <X ≤ 42,006 dengan jumhlah skor 40 dan rata-rata 4. Sedangkan hasil angket respon siswa yang sudah dilakukan dengan jumlah responden 18 siswa berada pada kategori “Sangat Baik” dengan rentang skor X > 54,58 dengan jumlah skor 90 dan rata-rata 68,11. Sehingga dapat disimpilkan, bahan ajar tematik integrative berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan dan tanggung jawab sosial siswa layak digunakan sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kata Kunci: Bahan Ajar, Tematik-Integratif, Kearifan Lokal, Karakter Peduli Lingkungan, Tanggung Jawab Sosial

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 07 Mar 2024 02:10
Last Modified: 07 Mar 2024 02:10
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5516

Actions (login required)

View Item View Item