PENGEMBANGAN FLIPBOOK PEMBELAJARAN MEMBACA KRITIS DENGAN MEMANFAATKAN CERITA RAKYAT TRADISIONAL LOMBOK

PARRIZI, NOPIDATUL (2023) PENGEMBANGAN FLIPBOOK PEMBELAJARAN MEMBACA KRITIS DENGAN MEMANFAATKAN CERITA RAKYAT TRADISIONAL LOMBOK. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
ARTIKEL NOPIDATUL PARRIZI.pdf - Submitted Version

Download (491kB)
[img] Text
SKRIPSI NOPIDATUL PARRIZI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Nopidatul Parrizi (2022), Pengembangan Flipbook Pembelajaran Membaca Kritis Dengan Memanfaatkan Cerita Rakyat Tradisional Lombok. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan FIP, Universitas Hamzanwdi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan flipbook pembelajaran membaca kritis dengan memanfaatkan cerita rakyat tradisional Lombok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Pengembangan produk flipbook pembelajaran ini menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall (Herani,2012) yang disederhanakan menjadi 7 tahapan yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal , (4) penyajian terbatas , (5) revisi hasil uji produk, (6) uji produk utama, dan (7) revisi produk akhir. Instrumen dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan wawancara dan angket. Observasi yang digunakan sebagai analisis kebutuhan siswa kelas III MI NW Gegurun. Angket digunakan untuk mengetahui respon 13 siswa kelas III MI NW Gegurun terhadap media flipbook. Berdasarkan hasil validasi didapatkan jumlah skor dari ahli bahasa sejumlah 62 berada pada rentang x > 58,47 dengan kategori “sangat baik“, ahli media sejumlah 63 berada pada rentang x > 58,47 dengan kategori “sangat baik“ dan ahli materi berjumlah 62 berada pada rentang x > 58,47 dengan kategori “ sangat baik “. Sedangkan uji coba produk kepada 13 siswa kelas III MI NW Gegurun memperoleh hasil sejumlah 850 dengan rata-rata keseluruahan 60,8 dan di bagi dengan jumlah siswa menjadi rata-rata 4,34 berada pada rentang x > 58,47 dengan kategori “ sangat baik “. Sehingga dapata di simpulkan, media flipbook sebagai bahan media untuk pembelajaran valid dan efektif di gunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: flipbook membaca kritis cerita rakyat tradisional Lombok.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 13 May 2024 02:37
Last Modified: 13 May 2024 02:37
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5581

Actions (login required)

View Item View Item