PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENEMUKAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI MA MU`ALLIMIN NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2016

Fahrurrozi, Muh PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENEMUKAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI MA MU`ALLIMIN NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2016. In: Prosiding NCEE 2016 dengan tema Membangun Caring Economic melalui Pendidikan terbit untuk memuat artikel hasil pemikiran filosofis, konseptual, teoritis, telaah kritis (critical review), dan penelitian di bidang ekonomi dan pendidikan ekonomi. Pascasarjana Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang, Malang, pp. 974-987. ISBN 978-602-17225-5-8

This is the latest version of this item.

[img] Text
cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (420kB)
[img] Text
Prosiding-Ekonomi-fahrurrozi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan media audio visual terhadap kemampuan siswa menemukan konsep dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MA Mu`allimin NW Pancor tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MA Mu`allimin NW Pancor tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur kemampuan siswa menemukan konsep dan tes untuk hasil belajar siswa, lembar observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji normalitas data dengan chikuadrat, uji homogenitas dan uji hipotesis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning dengan media audio visual terhadap kemampuan siswa menemukan konsep pada kelas eksperimen yaitu memperoleh nilai rata-rata 88,97 dan standar deviasi 4,17, sedangkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu memperoleh nilai rata-rata 76,17 dan standar deviasi 8,33. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil uji hipotesis secara parsial untuk kemampuan siswa menemukan konsep menunjukkan thitung 4,444 > ttabel 2,021, sedangakan untuk hasil belajar siswa diperoleh thitung 3,36 >ttabel 2,021. Maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima yang berarti bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dengan media audio visual berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa menemukan konsep dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MA Mu`allimin NW Pancor tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Book Section
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dr. Muh. Fahrurrozi, S.E., M.M.
Date Deposited: 02 Mar 2021 06:45
Last Modified: 02 Mar 2021 06:45
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/2987

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item