PENGARUH KONSELING GESTALT TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI PADA SISWA KELAS XI SMA BIRRUL WALIDAIN NW RENSING TAHUN PELAJARAN 2017/2018

RIJALUL PAHLAWI, M (2018) PENGARUH KONSELING GESTALT TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI PADA SISWA KELAS XI SMA BIRRUL WALIDAIN NW RENSING TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

M.Rijalul Pahlawi, 2017, Pengaruh Konseling Gestalt Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI SMA Birrul Walidain NW Rensing Tahun Pelajaran 2017/2018. Musifuddin, M.Pd, selaku pembimbing I dan Muhammad Ripli, M.Pd.I, selaku pembimbing II. Kata Kunci: Konseling Gestal dan Kemampuan Berkomunikasi Konseling Gestalt merupakan pendekatan dalam konseling individu yang menekankan kesadaran disini dan sekarang dan bagaimana tingkah laku dan pada peran urusan yang tak selesai dari masa lampau yang menghambat kemampuan individu untuk bisa berfungsi secara efektif. Kemampuan berkomunikasi yang baik dan efektif sangat diperlukan oleh manusia agar dia dapat menjalani semua aktivitasnya dengan lancar. Masalah yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Konseling Gestalt Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI SMA Birrul Walidain NW Rensing Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah ”Ingin Mengetahui Pengaruh Konseling Gestalt Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI SMA Birrul Walidain NW Rensing Tahun Pelajaran 2017/2018”. Metode penentuan subyek penelitian menggunakan proportional random sampling. Adapun jumlah sampel dalam penelitian yaitu sebanyak 11 orang sesuai dengan angket pre-test yang telah diberikan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket sebagai metode pokok, observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan rumus t-test. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: ”Ada Pengaruh Konseling Gestalt Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI SMA Birrul Walidain NW Rensing Tahun Pelajaran 2017/2018”. Hal ini terbukti dari hasil t hitung yang lebih besar dari t tabel (8,93 > 2,22), yang berarti hasil penelitian signifikan. Untuk itu disarankan kepada 1) Kepala Sekolah, Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam mengembangkan agar setiap guru memiliki prioritas dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa yang positif, 2) Guru, khususnya bimbingan dan konseling mampu membantu didalam menumbuhkan kemampuan berkomunikasi siswa., 3) Siswa, Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam mengembangkan keterampilan komunikasi, 4) Peneliti Lain, Hasil penelitian ini diharapkan agar dapat mengadakan penelitian lebih lanjut terhadap aspek yang belum lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 19 Dec 2020 07:58
Last Modified: 19 Dec 2020 07:59
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3222

Actions (login required)

View Item View Item