KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMAN 1 LABUHAN HAJI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ROZANI, RIYYU (2019) KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMAN 1 LABUHAN HAJI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI ACC.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat konseling kelompok untuk meningkatkan perilaku kedisiplinan siswa SMAN 1 Labuhan Haji kelas X1 IPA 1. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana efektifitas konseling kelompok untuk meningkatkan perilaku kedisiplinan siswa SMAN 1 Labuhan Haji kelas X1 IPA 1 tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Reserch dan Development model, disesuaikan dengan kebutuhan penelitian terdiri dari Tahapan pengembangan yaitu: Pra penelitian, Analisis, Desain Produk, Uji coba lapangan, Revisi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil penelitian, tanggapan, kritik dan saran perbaikan menggunakan angket pernyataan. Sedangkan data kuantitatif diperoleh menggunakan angket pretes dan protes pemahaman siswa terhadap kedisiplinan. Berdasarkan data hasil dapat diketahui bahwa produk berupa konseling kelompok kedisiplinan dari segi materi dapat dikategorikan “Baik” (37,38 dengan jumlah skor 45, dari segi tampilan dapat dikategorikan “Baik” dengan jumlah skor 58 dan dari segi validasi guru BK dapat dikategorikan “baik” ( 44,2 ˂ x ≤ 54,7 ) dengan jumlah skor 48. Adapun hasil angket respon siswa terhadap kegiatan bimbingan dapat dikategorikan “sangat merespon” (85%). Setelah dilakukan perhitungan terhadap data angket pemahaman siswa terhadap kedisiplinan dengan perbandingan antara hasil pretes dan postes, yaitu 53,9 < 63,1 dengan selisih rata-rata yaitu: 9,2. Pada kategori skor terjadi perubahan dari kategori sedang ke kategori tinggi. Analisis akhir menggunakan rumus uji t dari hasil perhitungan hipotesis menunjukkan t- hitung lebih besar dari pada nilai ttabel 1,812). Artinya bahwa hasil perhitungan Ha untuk “Konseling kelompok untuk meningkatkan perilaku kedisiplinan siswa” diterima. Kata Kunci: konseling kelompok dan kedisiplinan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 22 Dec 2020 08:30
Last Modified: 22 Dec 2020 08:30
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3308

Actions (login required)

View Item View Item