UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN (KELOMPOK B) MELALUI MEDIA BUKU BERGAMBAR DI TK NEGERI PEMBINA SUKAMULIA LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

KHASIKIN, NURSANTIA (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN (KELOMPOK B) MELALUI MEDIA BUKU BERGAMBAR DI TK NEGERI PEMBINA SUKAMULIA LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun (kelompok B) melalui media buku bergambar di TK Negeri Pembina Sukamulia Lombok Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Spiral oleh Kemmis & Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B3 TK Negeri Pembina Sukamulia yang berjumlah 16 orang anak, yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 9 anak perempuan dengan usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian dapat dilihat dari hasil observasi yang menunjukkan bahwa pada tahap pratindakan persentase rata-rata anak mencapai 18,75%, pada pelaksanaan tindakan siklus I persentase mencapai 50% dan hasil persentase pelaksanaan tindakan siklus II mencapai 81,25%. Nilai pada akhir siklus II tersebut telah memenuhi target indikator keberhasilan, yaitu ≥80% sehingga dapat disimpulkan bahwa media buku bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun (kelompok B) di TK Negeri Pembina Sukamulia Lombok Timur. Kata Kunci: Membaca Permulaan, Media Buku Bergambar, Usia 5-6 Tahun

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 23 Dec 2020 06:53
Last Modified: 23 Dec 2020 06:53
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3353

Actions (login required)

View Item View Item