UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN PUZZLE PADA KELOMPOK B TK PKK KELAYU JORONG TAHUN AJARAN 2018/2019

HARDIANTI, NURMALINA (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN PUZZLE PADA KELOMPOK B TK PKK KELAYU JORONG TAHUN AJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI NURMALA HARDIANTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan puzzle geometri pada anak kelompok B TK PKK Kelayu Jorong. Bentuk geometri yang dikenalkan adalah segi empat, segitiga, dan lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dilakukan bekerjasama dengan guru kelas. Subjek penelitian sebanyak 12 anak, yang terdiri 7 perempuan dan 5 laki-laki. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal bentuk geometri melalui puzzle geometri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi check list dan dokumentasi (LKA). Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika persentase kemamampuan mengenal bentuk geometri pada anak telah mencapai 75% dengan kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara bertahap pada kemampuan mengenal bentuk geometri dengan bermain puzzle geometri. Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri terlihat dari indikator kemampuan mengelompokkan, membedakan dan menunjukkan bentuk-bentuk geometri. Peningkatan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri melalui puzzle geometri dalam pelakasanaan pra tindakan 27,78% , dan pada siklus I 41,67%, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80,55%. Peningkatan tersebut dikarenakan anak sudah terbiasa dengan penggunaan puzzle geometri dan penjelasan peneliti yang secara berulang-ulang. Kata Kunci : kemampuan mengenal bentuk geometri, melalui puzzle geometri, PTK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 04 Jan 2021 08:18
Last Modified: 04 Jan 2021 08:18
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3468

Actions (login required)

View Item View Item