PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG BATOK KELAPA TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B2 DI TK PERTIWI SELONG TAHUN AJARAN 2019/2020

AMRI, UMMUL BAYHAQI (2019) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG BATOK KELAPA TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B2 DI TK PERTIWI SELONG TAHUN AJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional egrang batok kelapa terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 Tahun kelompok B2 di TK Pertiwi Selong Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimental dengan desain PreEksperimental menggunakan jenis One Grup Pretest-Posttest.Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah subjek sebanyak 17 anak kelompok B2.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan uji t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan terhadap permainan tradisional egrang batok kelapa terhadap perkembangan motorik kasar anak (thitung= 4,044 > ttabel= 1,745) sehingga hipotesisnya diterima. Adanya perbedaan terhadap perkembangan motorik kasar anak, dengan pretest diperoleh rata-rata total presentase keseluruhan 43% yang dicapai oleh semua anak dengan termasuk dalam persentase kategori penilaian “Mulai Berkembang (MB)” dan setelah dilaksanakan perlakuan atau posttest diperoleh total rata-rata persentase keseluruhan meningkat dari sebelumnya yakni 68% dengan kategori penilaian “Berkembang Sesuai Harapan (BSH)”. Kata Kunci: Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa, Motorik Kasar Anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:03
Last Modified: 05 Jan 2021 04:03
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3490

Actions (login required)

View Item View Item