INTERVENSI DINI ANAK KESULITAN BELAJAR DI MI MUHAMMADIYAH KELAYU 2019/2020

AKBAR, AHMAD ZAHIDIN (2019) INTERVENSI DINI ANAK KESULITAN BELAJAR DI MI MUHAMMADIYAH KELAYU 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
S K R I P S I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengintervensi dini anak kesulitan belajar di MI Muhammadiyah Kelayu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan sumber penelitian berjumlah 3 Informan, yaitu: dua siswa dan wali kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui siswa kelas III MI Muhammadiyah Kelayu mengalami masalah kesulitan membaca (disleksia). Masalah kesulitan belajar membaca (disleksia) dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internal ialah lemahnya kemampuan motorik, kurangnya minat dan motivasi belajar. Sedangkan faktor eksternal ialah cenderung dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan kelompok pertemanan. Melihat dari banyaknya kesulitan belajar yang dialami siswa maka sangat diharapkan kepada guru mengintervensi dini jenis kesulitan belajar yang dialami siswa sehinga dapat dilakukan pencegahan atau pemberian solusi sedini mungkin.Adapun salah satu program perbaikan yang digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu dengan memberikan bimbingan belajar individual. Kata Kunci: intervensi dini, anak kesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 05 Jan 2021 07:47
Last Modified: 05 Jan 2021 07:47
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3508

Actions (login required)

View Item View Item