PENGARUH PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN MEDIA KARTU PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS IV SDN 3 PAOKMOTONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MAKASA, AMBOK PANAIK WANGSA (2019) PENGARUH PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN MEDIA KARTU PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS IV SDN 3 PAOKMOTONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan media kartu pintar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas IV SDN 3 Paokmotong.Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi ekperiment dengan desain penelitian one group pretest postest. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan variabel bebasnya adalah model Problem Based Learning. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang siswa dengan rincian 13 siswa perempuan dan 9 siswa lakilaki. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yaitu tes essay. Tehnik analisis data parametrik dengan bantuan program MS Exel.Hasil penelitian menunjukan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media kartu pintar berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SDN 3 Paokmotong. Hal itu dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil pretest dan postest siswa. Rata-rata skor pretest siswa sebesar 65 mengalami peningkatan pada skor postest menjadi 71. Berdasarkan uji t, menunjukan bahwa nilai thitung sebesar 8,671 ≥ ttabel 2,060 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya bahwa model Probelem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SDN 3 Paokmotong. Kata kunci : model Problem Based Learning, media kartu pintar, kemampuan pemecahan masalah matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 06 Jan 2021 02:22
Last Modified: 06 Jan 2021 02:22
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3515

Actions (login required)

View Item View Item