PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA EDUKATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 MASBAGIK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HILNAWATI, HILNAWATI (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA EDUKATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 MASBAGIK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
Skripsi ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil pengembangan bahan ajar buku IPA edukatif berbasis kearifan lokal untuk kelas V di SDN 2 Masbagik Selatan Tahun pelajaran 2018/2019. .Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development, yang mengacu pada model Brog and Gall yang di modifikasi menjadi 8 langkah. Adapun 8 langkah dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan, uji coba awal, merevisi hasil uji coba awal, uji coba lapangan, revisi hasil uji coba lapangan dan penyempurnaan produk akhir. Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa buku teks IPA edukatif berbasis kearifan lokal Lombok dalam bentuk cetak dengan ukuran B5 (18,2 x 25,7 cm), dengan jenis huruf Arial ukuran 12 untuk isi dan Comic Sans MS ukuran 26 untuk judul utama, materi yang dibahas yaitu mengenai sistem pernapasan pada manusia dan hewan. Bahan ajar hasil pengembangan divalidasi oleh dua orang validator yaitu ahli materi, dan ahli bahasa. Berdasarkan analisis data validasi ahli materi diperoleh skor 69 dari skor total 90 dengan kategori baik dan layak untuk digunakan, dari validasi ahli bahasa diperoleh skor 66 dari skor total 90 dengan kategori baik dan layak untuk digunakan. Dari kegiatan analisis terhadap data respon siswa terhadap penggunaan produk dalam kegiatan pembelajaran diperoleh 99,1% siswa memberikan respon “ya” terhadap pertanyaan yang diajukan dengan kategori sangat merespon, sedangkan dari proses analisis terhadap aktivitas belajar siswa diperoleh persentase keaktifan 88,64% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, bahan ajar IPA edukatif, berbasis kearifan lokal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 06 Jan 2021 02:28
Last Modified: 06 Jan 2021 02:28
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3516

Actions (login required)

View Item View Item