PENGARUH PEMBERIAN METODE SIMULASI SIAGA BENCANA GEMPA BUMI PADA KECERDASAN KINESTETIK ANAK KELAS 2 DI SDN 1 SEMBALUN

LESTARI, AYU IRMA (2019) PENGARUH PEMBERIAN METODE SIMULASI SIAGA BENCANA GEMPA BUMI PADA KECERDASAN KINESTETIK ANAK KELAS 2 DI SDN 1 SEMBALUN. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian metode simulasi siaga bencana gempa bumi pada kecerdasan kinestetik anak kelas 2 di SDN 1 Sembalun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 24 anak pada kelas 2 di SDN 1 Sembalun. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan tehnik analisis kualitatif. Kecerdasan kinestetik anak melalui metode simulasi siaga bencana gempa bumi, selama pelaksanaan rata-rata berkembang sesuai harapan (BSH), dijelaskan bahwa dari 24 siswa yang belum berkembang (BB) tidak ada dengan persentase 0%, mulai berkembang (MB) tidak ada dengan persentase 0%, berkembang sesuai harapan (BSH) ada 15 siswa dengan persentase 62,5% dan berkembang sangat baik (BSB) ada 9 siswa dengan persentase 37,5%. Berdasarkan hasil analisis data diketahui adanya perbedaan yang signifikan tentang pemberian metode simulasi siaga bencana gempa bumi pada kecerdasan kinestetik anak. Kesimpulannya: pemberian metode simulasi siaga bencana gempa bumi dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelas 2 di SDN 1 Sembalun. Kata Kunci: metode simulasi siaga bencana gempa bumi, kecerdasan kinestetik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 06 Jan 2021 03:27
Last Modified: 06 Jan 2021 03:27
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3525

Actions (login required)

View Item View Item