EFEKTIVITAS TEORI BELAJAR BRUNER TERINTEGRASI PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN 01 SUELA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ROSDIANA, ERNI (2019) EFEKTIVITAS TEORI BELAJAR BRUNER TERINTEGRASI PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN 01 SUELA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teori belajar bruner terintegrasi permainan tradisonal terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN 1 Suela tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik sampling jenuh. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas II SDN 1 Suela. Instrument penelitian yang diberikan berupa tes essay. Uji prasyarat yang digunakan adalah chi kuadrat untuk menguji normalitas data. Berdasarkan hasil penelitian terlihat nilai rata-rata pretest 61,4, sedangkan nilai rata-rata posttest 80,1. Dari hasil perhitungan uji hipotesis yang menggunakan uji t didapatkan hasil yaitu thitung> ttabel yakni 12,21> 2,02 dengan derajat kebebasan (db) = 42, dengan taraf signifikan 0,05. Dengan demikian Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa efektivitas teori belajar bruner terintegrasi permainan tradisional efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II. Kata kunci: Teori Belajar Bruner, Permainan Tradional, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 07 Jan 2021 08:24
Last Modified: 07 Jan 2021 08:24
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3580

Actions (login required)

View Item View Item