PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR/ LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NW PRINGGABAYA

WIJAYA, APRIYAN (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR/ LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NW PRINGGABAYA. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI_..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran learning cycle dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle dan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, dan perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle dan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain control group pre-tes-post-test design dan control group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang mendapat pelajaran ekonomi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran learning cycle efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yakni terjadi peningkatan sebesar 91,84%, dibuktikan t hitung hasil analisis sebesar - 19.906 dengan signifikansi < 0,05, hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar menggunakan model konvensional, dibuktikan dengan t hitung hasil analisis -6,656 dengan signifikansi < 0,05, dan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, dibuktikan terhitung hasil analisis sebesar -4,632 dengan signifikansi < 0,05. Kata Kunci : Model pembelajaran learning cycle, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 09 Jan 2021 03:52
Last Modified: 09 Jan 2021 03:52
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3586

Actions (login required)

View Item View Item