PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN 4 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

KUSWADI, KUSWADI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN 4 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
S K R I P S I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan Model Pembelajaran Brain Writing Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN 4 Wanasaba Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian PreEksperimental. Populasi penelitian ini yaitu semua siswa kelas V SDN 4 Wanasaba, dengan desain penelitian ( One Group Pretest Posttest Desaign). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes Esai yang berjumlah 5 butir soal, untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dengan menggunakan pretest dan posttest. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Simpulan penelitian ini adalah adanya pengaruh penerapan Model Pembelajaran Brain Writing Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN 4 Wanasaba Tahun Pelajaran 2019/2020. Dengan hasil analisis data diperoleh, nilc cdai thitung = 19,845 dan ttabel = 1,729 pada taraf signifikan 5% sehingga thitung lebih besar dari ttabel (19,845> 1,729), dengan demikian Ha di terima dan Ho ditolak. Kata kunci : Model Pembelajaran Brain Writing; Kemampuan Menulis Puisi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 12 Jan 2021 06:37
Last Modified: 12 Jan 2021 06:37
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3654

Actions (login required)

View Item View Item