SRIANI, LAELA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (CTL) CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 SDN 7 SUKARAJA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERJASAMA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kerjasama kelas III SDN 7 Sukaraja tahun pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel penelitian ini menggunakan sampel Probability Sampling. Dari tiga kelas peneliti memilih 2 (dua) kelas sebagai sampel yaitu kelas III A sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 21 siswa dan kelas III C yang berjumlah 21 siswa sebagai kelompok eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah True Experimental bentuk Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan Metode dokumentasi dan tes. Data dianalisis menggunakan uji t dua pihak dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil hipotesis menunjukan bahwa ttabel ≤ thitung ≥ ttabel atau 2.021 ≤ 3.182 ≥ 2.021 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa kelas 3 SDN 7 Sukaraja pada mata pelajaran IPS materi kerjasama tahun pelajaran 2018/2019.. Kata Kunci: Pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 12 Jan 2021 07:04 |
Last Modified: | 12 Jan 2021 07:04 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3659 |
Actions (login required)
View Item |