PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MASALAH EKONOMI KELAS X DI MA NW SENYIUR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

JUMAK YAH, JUMAK YAH (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MASALAH EKONOMI KELAS X DI MA NW SENYIUR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Jumak Yah, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Masalah Ekonomi Kelas X MA NW Senyiur Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MA NW Senyiur tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kelas X IPA sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas X IPS sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-test and post-test group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan polled varians. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,46 > 2,03) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperativa tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan masalah ekonomi kelas X di MA NW Senyiur tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 13 Jan 2021 02:00
Last Modified: 13 Jan 2021 02:00
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3678

Actions (login required)

View Item View Item