PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING DENGAN TEKNIK COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NW SURALAGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ISNAINI, SRI (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING DENGAN TEKNIK COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NW SURALAGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)

Abstract

Penelitian Pengembangan ini bertujuan Untuk menghasilkan bahan ajar buku model pembelajaran kooperatif learning tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA NW suralaga. Berupa buku model pembelajaran, silabus, RPP.. Sehingga, pembelajaran dapat terlaksana dengan efektif dan efesien serta dapat mengoptimalkan pencapaian tujuan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan dengan mengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Learning tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Berupa produk Bahan Ajar Model Pembelajaran Kooperatif Learning tipe CIRC. Model ini terdiri atas sepuluh langkah,Akan tetapi, pada penelitian pengembangan ini peneliti hanya menggunakan lima prosedur penelitian, karena keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya dari peneliti. Dan lima langkah tersebut, yakni (1) Pendahuluan, (2) Pengembangan Produk awal, (3) Uji produk awal, (4) Uji produk akhir, dan (5) Produk akhir. Penelitianini bertempat diSekolahSMA NW SuralagaKabupaten Lombok Timur dimana populasinya yaitu siswa kelas X di sekolah yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Hasil analisis data menyimpulkan bahwa dengan taraf efektif. Jadi terdapat perbedaan hasil belajar setelah menggunakan bahan ajar model pembelajaran kooperatif learning kelas X (sepuluh) yang dikembangkan dengan teknik CIRC. Hal ini berarti bahwa hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar tidak sama. Jadi dapat dikatakan terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan paket pembelajaran. Dilihat dari respon guru memiliki nilai persentase rata-rata 94,2%, respon siswa memiliki nilai persentase rata-rata 93,2%, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan paketbahan ajar model pembelajaran kooperatif learning ini memperoleh nilai rata-rata 84,1% sehingga dapat dikatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran diSMA NW Suralaga Kabupaten Lombok Timur. KataKunci : Pengembangan Model PembelajaranKooperatif Learning, CIRC, HasilBelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 21 Jan 2021 08:22
Last Modified: 21 Jan 2021 08:22
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3757

Actions (login required)

View Item View Item