PENGEMBANGAN MODUL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE MENGGUNAKAN POLA LESSON STUDY DAN PENGARUHNYA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOM DI SMA NW PERMATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MARIANI, SRI (2018) PENGEMBANGAN MODUL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE MENGGUNAKAN POLA LESSON STUDY DAN PENGARUHNYA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOM DI SMA NW PERMATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar berupa modul dengan model pembelajaran scramble menggunakan pola lesson study dan pengaruhnya terhadap aktivitas belajar siswa, (2) untuk mengetahui kelayakan modul dengan model pembelajaran scramble menggunakan pola lesson study, (3) mengetahui bagaimana respon guru dan siswa terhadap modul yang di kembangkan dengan model pembelajaran scramble menggunakan pola lesson study, (4) dan untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa setelah produk modul di uji cobakan. Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R & D) yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Dimana subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA NW Permatan pada mata pelajaran ekonomi dengan materi bahasan koperasi, penelitian ini juga menggunakan metode penelitian eksperimen, dimana ada kelas kontrol dan ada kelas eksperimen. Kelas kontrol merupakan keadaan kelas sebelum produk di uji cobakan dan kelas eksperimen merupakan keadaan kelas saat produk yang di kembangkan di uji cobakan untuk melihat apakah ada pengaruh dari produk yang di kembangkan terhadap aktivitas belajar siswa sebelum dan setelah produk berupa modul yang di kembangkan di uji cobakan. Hasil penelitian di ketahui bahwa ada pengaruh terhadap aktivitas belajar siswa setelah produk berupa bahan ajar berbentuk modul yang di kembangkan dengan model pembelajaran scramble menggunakan pola lesson study di terapkan pada saat proses belajar mengajar. Dapat di lihat hasil dari perhitungan kelas kontrol atau sebelum produk di uji cobakan rata-rata perolehan persentase yang di proleh siswa rata-rata ≤54 dengan prolehan persentase sebesar 24% dengan kategori sangat kurang aktif. Dan dapat di lihat dari hasil perhitungan pada saat kelas eksperimen atau proses belajar mengajar setelah produk yang dikembangkan di uji cobakan rata-rata perolehan persentase yang di proleh oleh siswa rata-rata ≥54 dan memperoleh persentase sebesar 78% dengan kategori aktif. kata kunci: Pengembangan modul dengan model pembelajaran scramble menggunakan pola lesson study dan pengaruhnya terhadap aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 21 Jan 2021 08:28
Last Modified: 21 Jan 2021 08:28
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3758

Actions (login required)

View Item View Item