PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR SERI MELALUI KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS III MI NW AIKANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NUR’AINI, NUR’AINI (2019) PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR SERI MELALUI KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS III MI NW AIKANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan pembelajaran Media gambar seri, hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran gambar seri di Sekolah Dasar dan mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Pelaksanaan penelitian terdiri dari langkah langkah sebagai berikut: research and information collection, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product reision. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut (1) media pembelajaran gambar seri yang dikembangkan peneliti. Menurut tim ahli dan validator secara umum berkategori valid dengan penilaian dari masingmasing ahli yaitu, ahli media memberi kategori layak dan ahli materi dengan nilai 4,08 (2) hasil belajar siswa yang mencapai persentase ketuntasan 93,3%, dengan nilai rata-tara siswa 85,33 dan nilai tertinggi 100 (3) respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran gambar seri menunjukkan bahwa rata-rata 92% siswa senang terhadap pembelajaran dengan media pembelajaran gambar seri, 100% menyatakan berminat untuk mengikuti pembelajaran media pembelajaran gambar seri, 83,33% menyatakan jelas terhadap media yang digunakan, dan 86,67% diantaranya mengerti dan memahami pembelajaran dengan media pembelajaran gambar seri. Selain itu 96,67% siswa mengaku tertarik dan menyukai penampilan media pembelajaran gambar seri. Data tersebut menunjukkan bahwa lebih dari 80% siswa merespon dalam kategori positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran gambar seri yang dikembangkan dapat dikatakan efektif terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Pengembangan, Media Gambar Seri, Karangan Narasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 26 Jan 2021 07:27
Last Modified: 26 Jan 2021 07:27
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3818

Actions (login required)

View Item View Item