FAJRIANI, NURLAELA (2019) PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA DAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV SDN 1 RUMBUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran pop up book terhadap motivasi belajar IPA dan kreativitas peserta didik kelas IVA SD 1 Rumbuk tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA di SDN 1 rumbuk. Sampel penelitian yang digunakan sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Kelas IVA sebagai kelas eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan penelitian Pre eksperimental ini menggunakan desain One-shot Case Studi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan lembar kreativitas siswa. Data dianalisis menggunakan data uji t. Hasil hipotesis angket menunjukkan bahwa thitung >ttabel yaitu (10,82>1,729) sedangkan hasil hipotesis kreativitas bahwa thitung >ttabel yaitu (9.86>1,729) yang berarti Ho ditolak dan Ha di terima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran Pop up book terhadap motivasi belajar IPA dan kreativitas siswa kelas IV SDN 1 Rumbuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Pengaruh Media Pop Up Book, Motivasi Belajar, Kreativitas Siswa, mata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 26 Jan 2021 08:18 |
Last Modified: | 26 Jan 2021 08:18 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3824 |
Actions (login required)
View Item |