PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 2 PERIGI KECAMATAN SUELA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SUSANTI, RENI (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 2 PERIGI KECAMATAN SUELA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis whole language pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 02 Perigi pokok bahasan keterampilan membaca pemahaman tahun pelajaran 2016/2017. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall ia yang terdiri dari 5 tahapan yang disederhanakan yaitu 1) analisis, 2) Perencanaan (planning), 3) produksi, 4) Uji coba dan revisi, 5) pemanfaatan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 02 Pergi sebanyak 15 orang. Penilaian produk melalui tahap validasi ahli tampilan, ahli materi dan uji coba lapangan. Hasil yang diproleh dari ahli tampilan adalah 34,002 ˂ X ≤ 42,006 dengan kategori “baik” dan hasil validasi ahli materi adalah X ˃ berada pada kategori “baik”. Data hasil tes belajar siswa didapatkan nilai rata-rata 97,3% siswa dari 15 siswa dengan ketuntasan klasikal 100 %. Selain itu, angket respon siswa terhadap produk yang dikembangkan diproleh 98,7% siswa yang menjawab “ya” dan 1,33% siswa yang menjawab “tidak” , dengan kategori “sangat merespon”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis pendekatan whole language atau penggunaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan keterampilan membaca pemahaman kelas V SDN 02 Perigi layak digunakan. Kata kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Whole Language, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 08 Feb 2021 06:47
Last Modified: 08 Feb 2021 06:47
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3989

Actions (login required)

View Item View Item