PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BROWN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH KELAYU TAHUN AJARAN 2019/2020

IRNALIZI, RIMANELA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BROWN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH KELAYU TAHUN AJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini rendahnya minat menulis dan sulitnya menuangkan ide atau gagasan dalam menulis karangan narasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brown pada pembelajaran Bahasa Indonesia serta untuk mengetahui keterampilan siswa dalam menuangkan ide tau gagasan dalam menulis karangan narasi di kelas V MI Muhammadiyah Kelayu Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI MuhammadiyahKelayu yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian setelah dilakukan metode Brown, uji normalitas dan uji hipotesis menunjukkan hasil nilai rata-rata pada Pretest sebesar 14,08 meningka tmenjadi 17,52 pada pembelajaran menulis karangan narasi dengan teknik pembelajaran Brown, sedangkan ketuntasan siswa pada Pretest belum ada yang mencapai KKM namun pada pembelajaran dengan teknik pembelajaran Brown mengalami peningkatan menjadi 65%. Uji normalitas dengan rumus Chi Kuadrat diperoleh hasil nilai untuk Pretest X 2hutung < X 2tabel (0,1687 <11,070) hasil untuk Posttest nilai untuk Pretest X 2hutung < X 2tabel (9,613 < 11,070). Uji hipotesis menggunakan rumus t-test di perolehhasilthitung>ttabel(21,8358< 2,0399).Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara Pretest dan Posttest dengan perlakuan metode pembelajaran Brown pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Kelayu tahun ajaran 2019/2020. Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Karangan Narasi, Pembelajaran Brown

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 08 Feb 2021 06:54
Last Modified: 08 Feb 2021 06:54
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3990

Actions (login required)

View Item View Item