PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI POLA LESSON STUDY DI MA DARUL ATHFAL RANJOK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

YANI, RIA INDRA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI POLA LESSON STUDY DI MA DARUL ATHFAL RANJOK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI RIA INDRA YANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan proses membantu siswa untuk memperoleh informasi, ide, keterampilan, nilai, cara berpikir, dan cara-cara belajar. Sehingga diperlukan metode-metode pembelajaran inovatif yang dapat membawa siswa pada suasana belajar yang lebih aktif, melalui kegiatan membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara, yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa terutama kemampuan berpikir kreatif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Pola Lesson Study di MA Darul Athfal Ranjok Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X IPS semester I yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol menggunakan tekhnik simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kreatif dalam bentuk tes essay yang berjumlah 6 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yakni 57 dan kelas kontrol yakni 50,75. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis statistik dengan rumus uji-t pada taraf kepercayaan 5% adalah diperoleh thitung sebesar 2.82. setelah dibandingkan dengan ttabel 2.70, maka thitung 2.82> ttabel 2.70, sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Pola Lesson Study di MA Darul Athfal Ranjok Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Jigsaw, Kemampuan Berpikir Kreatif, Lesson Study

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Sains > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 09 Feb 2021 08:44
Last Modified: 09 Feb 2021 08:44
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4020

Actions (login required)

View Item View Item