EVEKTIFITAS METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 2 SUKAMULIA Th 2019/2020

ANGGRAINI, RITA (2019) EVEKTIFITAS METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 2 SUKAMULIA Th 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode outdoor study terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 2 Sukamulia. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV dengan jumlah siswa 60 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pilihan ganda. Hasil uji hipotesis data hasil belajar siswa menggunakan rumus independent sample t test menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 1,92 dan ttabel sebesar 1,696 (thitung> ttabel) maka H1 diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar TEMATIK materi sumber energi pada siswa kelas IV antara yang menerapkan metode outdoor study dan yang menerapkan pembelajaran konvensional. Berdasarkan penghitungan tersebut, maka dapat diketahui bahwa hasil belajar TEMATIK materi sumber energi siswa kelas IV yang menerapkan metode outdoor study lebih baik dari pada yang menerapkan pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa, metode outdoor study efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran TEMATIK materi sumber energi. Oleh karena itu diharapkan metode outdoor study menjadi salah satu refensi guru dalam menciptakan pembelajaran TEMATIK yang lebih baik. Kata Kunci: Metode outdoor study, hasil belajar, pembelajaran tematik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 10 Feb 2021 07:40
Last Modified: 10 Feb 2021 07:40
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4037

Actions (login required)

View Item View Item