MENCEGAH PERNIKAHAN DINI DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS XI DI SMK MARAQITTA’LIMAT (MT) SUELA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

AYU PRATIWI, TARA (2020) MENCEGAH PERNIKAHAN DINI DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS XI DI SMK MARAQITTA’LIMAT (MT) SUELA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh bimbingan kelompok untuk mencegah pernikahan dini pada siswa kelas XI di SMK Maraqitta’limat (MT) Suela Tahun Pembelajaran 2020/2021.Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif.Populasi sebagai sampel dalam penelitian ini adalah 8 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dengan teknik ideal teoritik metode acuan. Sedangkan teknik analisis pada penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu analisis deskriptif dan uji beda t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil dari layanan bimbingan kelompok pada siswa sesudah melakukan bimbingan grup pertama 59,6 grup kedua 60,1 dan grup ketiga 62,4 sedangkan sebelum melakukan bimbingan grup pertama 45,1 dan grup kedua 44,2 dan grup ketiga 47,6. Untuk uji hipotesis, teknik yang digunkan adalah uji beda t-test dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 19 di peroleh t sebesar -10.332 dengan Asyimptotic Significance (2-tailed) sebesar 0,000 karena Ayim.Sig (2-tailed) <0,05 (maka Ho ditolak), sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh bimbingan kelompok terhadap pernikahan dini siswa kelas XI sebelum dan sesudah melakukan bimbingan berbeda secara nyata. Kata kunci: Bimbingan Kelompok dan Pernikahan Dini

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Sosial dan Ekonomi > Fenomena Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 10 Feb 2021 06:56
Last Modified: 10 Feb 2021 06:56
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4038

Actions (login required)

View Item View Item