PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPROLIN BERBASIS PBL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PROGRAM LINEAR SISWA KELAS XI MA NW PRAIDA KROYA

HIDAYAH, NURUL (2019) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPROLIN BERBASIS PBL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PROGRAM LINEAR SISWA KELAS XI MA NW PRAIDA KROYA. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI NURUL HIDAYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini merupakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan alat peraga PAPROLIN berbasis PBL pada materi program linear. Penelitian ini adalah penelitian reseach and development (RnD). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA MA NW Praida Kroya tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 21 siswa. Kemudian objek dalam penelitian ini adalah alat peraga PAPROLIN dan buku pedoman alat peraga PAPROLIN, RPP dan instrumen yang digunakan untuk penelitian. Teknik pengumpulan data berupa angket respon siswa, validasi produk oleh para ahli, guru mata pelajaran serta tes hasil belajar. Adapun kriteria yang digunakan untuk mengetahui kevalidan terhadap produk yaitu sangat baik, baik, cukup baik, kurang, dan sangat kurang. Sehingga disimpulkan bahwa alat peraga paprolin berbasis PBL pada materi program liniear memiliki kategori baik, hal itu sesuai dengan hasil validasi para ahli, serta meningkatnya hasil belajar siswa. Hasil penilaian buku pedoman alat peraga PAPROLIN oleh ahli materi yaitu total skor 89 dengan nilai rata-rata 44,5 berada pada rentang74,76< X ≤ 92,28 sehingga kevalidan berkategori baik, sedangkan penilaian buku pedoman alat peraga PAPROLIN oleh guru mata pelajaran yaitu 86 dengan nilai rata-rata 43 berada pada rentang74,76< X ≤ 92,28 sehingga kevalidan berkategori baik. Adapun untuk uji coba produk yaitu dilakukan dengan dua tahap yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala besar, dimana hasil uji coba skala kecil yaitu 22,22 % dan uji coba skala besar yaitu 61,09 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat peraga paprolin berbasis PBL mampu meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan PROGRAM LINEAR Kata kunci: Pengembangan, Alat Peraga PAPROLIN, Buku Pedoman Alat Peraga PAPROLIN, Dan Materi Program Linear

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Sains > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 16 Feb 2021 06:28
Last Modified: 16 Feb 2021 06:28
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4169

Actions (login required)

View Item View Item