PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK

YULIANI, RISKA (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI RISKA YULIANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika (RPP dan LKPD) dengan model PBL berbasis budaya lokal untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMK yang valid, praktis dan efektif. Subjek penelitian ini siswa kelas X jurusan TTB SMK Bajang NW Ajan. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang memiliki lima tahapan: (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Analisis data dilakukan dengan mengkonversikan total skor aktual yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika (RPP dan LKPD) materi SPLDV. Hasil penelitian ini menunjukkan perangkat pembelajaran yang dihasilkan dikategorikan layak digunakan berdasarkan: (1) kriteria kevalidan, yaitu RPP dan LKPD memenuhi kriteria valid dengan perolehan skor total aktual 445 dan 299 dari skor maksimal 444 dan 288; (2) kriteria kepraktisan, yaitu dari hasil analisis penilaian RPP dan LKPD oleh guru dengan perolehan skor total aktual yang sama yaitu 80 dari skor maksimal 72, dan hasil analisis respon siswa yang memenuhi kriteria praktis dengan persentase 79.43% dari standar ≥75%; (3) kriteria keefektifan, didapat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran 86.11% dan 78.95%, ketuntasan hasil THB siswa mencapai skor rata-rata 71.82 di atas KKM 70 dan persentase ketuntasan klasikal 77.27% berada pada kategori baik. Kata kunci: perangkat pembelajaran, model PBL, budaya lokal, hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 16 Feb 2021 06:58
Last Modified: 16 Feb 2021 06:58
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4174

Actions (login required)

View Item View Item