Menilai Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Metode Pembelajaran Pengamatan Langsung

Fatmawati, Baiq (2013) Menilai Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Metode Pembelajaran Pengamatan Langsung. In: Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya, UNS.

[img] Text
Baiq Fatmawti_UNS_ 2013.pdf

Download (316kB)
Official URL: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/ind...

Abstract

Salah satu tujuan penilaian dalam pembelajaran adalah mengetahui kedudukan siswa di dalam kelas atau kelompoknya, keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran, penguasaan siswa terhadap pelajaran, serta ketepatan atau keefektifan metode mengajar. Penelitian ini difokuskan untuk menilai keterampilan proses sains siswa pada materi ekosistem menggunakan pengamatan langsung sebagai metode pembelajaran. Populasi penelitian kelas X SMAN 1. Instrument penelitian berupa tes keterampilan proses sains dalam bentuk essay yang berjumlah 13 soal, ke 13 soal tersebut mencakup indikator keterampilan proses sains meliputi:1) observasi, 2) komunikasi, 3) interpretasi, 4) prediksi, 5) klasifikasi, 6) mengajukan pertanyaan, 7) mengajukan hipotesis, dan 8) menerapkan konsep. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai keterampilan proses pada kelas eksperimen kecuali pada indicator interpretasi (0,2), mengajukan pertanyaan(0,11),dan menerapkan konsep (0,2).

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains, Pengamatan Langsung
Subjects: Sains > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dr. Baiq Fatmawati Fatmawati
Date Deposited: 22 Feb 2021 07:50
Last Modified: 22 Feb 2021 07:50
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4204

Actions (login required)

View Item View Item