PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VIII MTS SAKINATUL WALIDAIN NW BOROK GERUNG

HIDAYAH, ZUHRIYATUL (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VIII MTS SAKINATUL WALIDAIN NW BOROK GERUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI (ZUHRIYATUL HIDAYAH_15210032_PEND.MATEMATIKA_2019).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VIII MTs Sakinatul Walidain NW Borok Gerung tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Sakinatul Walidain NW Borok Gerung tahun Pembelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampeling jenuh. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Raancangan penelitian yang digunakan adalah The Nonequivalent Pre-test-Post-test Control Grup Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-confidence siswa. Data dianalisis menggunakan uji t-test. Hasil hipotesis kemampuan komunikasi matematis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (3,259 > 1,684) dan hasil hipotesis angket self-confidence menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (7,5 > 1,684) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa kelas VIII MTs Sakinatul Walidain NW Borok Gerung tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Meaningful Instructional Design (MID), Pendekatan Kontekstual, Komunikasi Matematis, Self-Confidence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 18 Feb 2021 07:39
Last Modified: 18 Feb 2021 07:39
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4265

Actions (login required)

View Item View Item