HASMI, NURDATUL (2019) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TURNAMENT (TGT) DAN JIGSAW TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL PADA POKOK BAHASAN KOMUNIKASI DARING SISWA KELAS X TKJ SMK DARUSSHOLIHIN NW KALIJAGA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.
Text
SKRIPSI NURDATUL HASMI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan antara penerapan model pembelajaran TGT dan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa; (2) perbedaan antara penerapan model pembelajaran TGT dan model pembelajaran Jigsaw terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Desain bentuk Posttest-Only Cotrol Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X TKJ SMK DARUSSHOLIHIN dengan jumlah 54 siswa. Teknik yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Instrumen yang digunakan yaitu Tes hasil belajar dan Angket minat belajar. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dan angket digunakan untuk mengukur minat belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Samples T Test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran TGT dan Jigsaw ( ) nilai signifikansi (0,02<0,05) ( ) tidak ada perbedaan minat belajar siswa antara model pembelajaran TGT dan Jigsaw ( ) nilai signifikansi (0,94>0,05). Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Turnament, Model pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar, Minat Belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Informatika |
Depositing User: | A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 07:32 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 07:32 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4354 |
Actions (login required)
View Item |