STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TURNAMENT (TGT) DAN JIGSAW TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL PADA POKOK BAHASAN KOMUNIKASI DARING SISWA KELAS X TKJ SMK DARUSSHOLIHIN NW KALIJAGA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

HASMI, NURDATUL (2019) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TURNAMENT (TGT) DAN JIGSAW TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL PADA POKOK BAHASAN KOMUNIKASI DARING SISWA KELAS X TKJ SMK DARUSSHOLIHIN NW KALIJAGA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI NURDATUL HASMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan antara penerapan model pembelajaran TGT dan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa; (2) perbedaan antara penerapan model pembelajaran TGT dan model pembelajaran Jigsaw terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Desain bentuk Posttest-Only Cotrol Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X TKJ SMK DARUSSHOLIHIN dengan jumlah 54 siswa. Teknik yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Instrumen yang digunakan yaitu Tes hasil belajar dan Angket minat belajar. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dan angket digunakan untuk mengukur minat belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Samples T Test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran TGT dan Jigsaw ( ) nilai signifikansi (0,02<0,05) ( ) tidak ada perbedaan minat belajar siswa antara model pembelajaran TGT dan Jigsaw ( ) nilai signifikansi (0,94>0,05). Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Turnament, Model pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Informatika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 24 Feb 2021 07:32
Last Modified: 24 Feb 2021 07:32
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4354

Actions (login required)

View Item View Item