PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MATERI KELIPATAN DAN FAKTOR BILANGAN TERINTEGRASI TEORI BELAJAR DIENES PADA KELAS IV DI SDN 8 SAKRA TAHUN AJARAN 2017/2018

PAHMIWATI, PAHMIWATI (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MATERI KELIPATAN DAN FAKTOR BILANGAN TERINTEGRASI TEORI BELAJAR DIENES PADA KELAS IV DI SDN 8 SAKRA TAHUN AJARAN 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
skripsi mi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MATERI KELIPATAN DAN FAKTOR BILANGAN TERINTEGRASI TEORI BELAJAR DIENES PADA KELAS IV DI SDN 8 SAKRA TAHUN AJARAN 2017/2018 Pahmiwati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Email: Pahmiwati.minamy Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika materi kelipatan dan faktor bilangan pada kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Borg & Gall. Dari 10 tahapan yang ada, yang digunakan hanya 5 tahap yaitu analisis kebutuhan, desain dan planing (perencanaan),validasi, uji coba lapangan dan revisi uji coba produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 8 Sakra sebanyak 25 orang siswa. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini meliputi lembar validasi dan angket respon siswa. Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan menggunakan skala lima untuk analisis hasil validasi dan skala empat untuk analisis angket respon siswa. Hasil validasi dari ke dua ahli yaitu ahli materi dan ahli tampilan menunjukkan kualifikasi sangat baik dan baik dengan jumlah nilai untuk ahli materi adalah 51 dengan rata-rata 4,6 sedangkan nilai dari ahli tampilan 21 berjumlah dengan ratarata 2,62. Hasil respon siswa memperoleh nilai keseluruhan 1079 dengan rata-rata 43,16 dan termasuk dalam rentang nilai 47,96> X ≥ 43,16. Sehingga dapat disimpulkan bahwa respon siswa pada bahan ajar adalah baik atau tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahan ajar efektif digunakan dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: bahan ajar, teori belajar dienes, matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 01 Mar 2021 01:58
Last Modified: 01 Mar 2021 01:58
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4414

Actions (login required)

View Item View Item