KEMAMPUAN GURU KELAS 2 SDN BUNDUA DALAM MENYUSUN DOKUMEN STRATEGI PEMBELAJARAN

WAHIDAH, NURUL (2020) KEMAMPUAN GURU KELAS 2 SDN BUNDUA DALAM MENYUSUN DOKUMEN STRATEGI PEMBELAJARAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI NURUL WAHIDAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Setiap guru dituntut untuk menguasai berbagai kemampuan sebagai guru yang profesional dalam bidangnya. Peran guru dalam proses pembelajaran bukan hanya sekedar menjalankan proses pembelajaran secara tehnis tertentu, melainkan guru merupakan orang yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugasnya. Proses belajar mengajar merupakan proses yang dirancang sedemikian rupa menurut langkah-langkah tertentu agar pelaksanaannya dapat mencapai hasil yang diharapkan. Setiap perencanaan pembelajaran selalu berkenaan dengan perkiraan mengenai apa yang akan dilakukan pada saat proses belajar mengajar. Tercapainya target pembelajaran selalu diawali dengan pembuatan perencanaan yang baik. Kemampuan guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik merupakan hal yang harus dimiliki guru agar tercapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini: kemampuan guru kelas 2 SDN Bundua dalam menyusun dokumen strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru kelas 2 SDN Bundua menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini berjenis kualitatif dan menggunakan metode. Data dalam penelitian ini berupa RPP tematik kelas 2 SDN Bundua tema 1 “Hidup Rukun” subtema 1 pembelajaran 3, subtema 2 pembelajaran 2, subtema 3 pembelajaran 6, subtema 4 pembelajaran 1. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif menurut Creshwell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perumusan indikator 3.1.1 pada subtema 1 pembelajaran 3 kurang tepat, pokok bahasan rumusan tujuan pembelajaran dan materi ajar dalam subtema 3 pembelajaran 6 tidak sesuai, butir soal yang tidak mengacu pada indikator dalam subtema 1 pembelajaran 3, dan penggunaan kata operasional yang kurang tepat pada rumusan tujuan pembelajaran dalam subtema 3 pembelajaran 6 sehingga dapat disimpulkan bahwa guru kelas sdn bundua tergolong separuh mampu dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Kata kunci: Rencana pelaksanaan pembelajaran, kemampuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Indonesia > Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:16
Last Modified: 26 Aug 2021 02:16
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4660

Actions (login required)

View Item View Item