PENGARUH METODE GASING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

AGUSRIAWAN, AGUSRIAWAN (2020) PENGARUH METODE GASING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
TESIS AGUSRIAWAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Metode GASING dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pembelajaran matematika GASING mendorong siswa untuk belajar secara gampang yaitu gampang diingat karena pembelajaran menggunakan tahapan konkrit hingga abstrak, asyik yaitu siswa sibuk dengan kegiatan yang fokus pada belajar matematika, dan menyenangkan yaitu belajar sambil bermain terutama dengan penggunaaan alat praga pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang didesain menggunakan desain treatment by level 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah siswa SDN 6 Danger dengan sampel siswa kelas IV sebanyak 40 siswa dengan rincian kelas yang terdiri dari 20 orang kelas kelas eksperimen dan 20 orang kelas kontrol. Sampel-sampel tersebut diambil menggunakan teknik Gronlund dengan memilih 1/3 kelas atas dan 1/3 kelas rendah. Untuk data minat belajar siswa dikumpilkan dengan menggunakan angket sedangkan untuk hasil belajar berupa soal tes dalam bentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan uji statistik berupa uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Sedangkan Uji hipotesis penelitian menggunakan uji Analisis Varians (ANAVA) dua jalur dan uji lanjut dengan Uji t- Dunnet Hasil penelitian mencakup: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan metode GASING lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional. Hal ini terlihat pada perolehan hasil Fhitung(4,47) < Ftabel(4,14). Dengan demikian H0 diterima, artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika yang diajarkan menggunakan metode GASING dengan metode Konvensional. (2) Terdapat interaksi antara pembelajaran metode GASING dan minat belajar terhadap hasil belajar dengan Fhitung(8,16) < Ftabel(4,14) pada taraf signifikan 0,05, (3) Hasil belajar yang menggunakan metode GASING lebih tinggi dari hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional untuk siswa dengan minat tinggi. Hal ini terlihat pada skor thitung(3,294) > ttabel(4) Hasil belajar yang menggunakan metode GASING lebih rendah dari hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional untuk siswa dengan minat rendah dengan perolehan skor thitung(-0,501) > ttabel(2,15).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 19 Nov 2022 05:43
Last Modified: 19 Nov 2022 05:43
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5046

Actions (login required)

View Item View Item