SURIYANI, DEYANA (2021) EFEKTIVITAS PENDEKATAN KECERDASAN SUKSES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MA MU’ALLIMIN NW PANCOR TAHUN AJARAN 2019/ 2020. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.
![]() |
Text
SKRIPSI FIX.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran kecerdasan sukses terhadap hasil belajar matematika siswa materi persamaan linier tiga variabel pada siswa kelas X MA Mu’allimin NW Pancor tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dan sampel pada penelitian ini menggunakan kelas X IPA di MA Mu’allimin NW Pancor ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan X IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian untuk mengukur efektifitas pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kecerdasan sukses serta angket kecerdasan sukses. Data dianalisis menggunakan t-tes. Hasil analisis uji hipotesis untuk mengukur efektifitas pendekatan kecerdasan sukses terhadap hasil belajar matematika siswa menunjukkan bahwa yaitu 10,1 ˃ 2,86 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan kecerdasan sukses efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa MA Mu’allimin NW Pancor kelas X IPA materi persamaan linier tiga variabel tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Pendekatan Kecerdasan Sukses, Efektifitas Pembelajaran Matematika
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 15 Jul 2023 03:23 |
Last Modified: | 15 Jul 2023 03:23 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5245 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |