PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VII

HARTATI, EMA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VII. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI EMA HARTATI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Mobile learning Berbasis Android Pada Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII yang Valid, Praktis, dan Efektif. Model pengembangan pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari: (1) Lembar validasi Media, (2) Lembar validasi THB, (3) Lembar penilaian kepraktisan Media, (4) Lembar penilaian respon siswa, (5) Lembar observasi aktivitas guru, (6) Lembar observasi aktivitas siswa, (7) Tes Hasil Belajar (THB). Data kepraktisan terdiri dari data penilaian kepraktisan Media yang dianalisis dengan mengkonversikan skor menjadi data kualitatif skala lima dan data hasil penilaian respon siswa dianalisis dengan menentukan jumlah skor menurut siswa kemudian ditentukan persentase jumlah kepraktisan berdasarkan penilaian absolut. Data keefektifan dianalisis dari hasil belajar siswa yang ditentukan berdasarkan penilaian absolut. Uji coba dilakukan pada kelas VII SMPN 2 SIKUR. berdasarkan analisis uji coba menunjukkan hasil belajar matematika menggunakan media pembelajaran mobile learnng berbasis Android pada Pembelajaran matematika kelas VII memenuhi kriteria Valid, Praktis, dan efektif. Kriteria kevalidan materi memenuhi kriteria sangat valid dari segi materi dan bahasa dengan skor aktual 188 dari skor maksimal 220 dan kevalidan Media memenuhi kriteria Valid dengan perolehan skor total aktual 185 dari skor maksimal 260. Kriteria kepraktisan terlihat dari hasil analisis penilaian guru dan hasil analisis respon siswa yang memenuhi kriteria sangat praktis berdasarkan penilaian guru dengan perolehan skor total aktual 83 dari skor maksimal 90 dan telah mencapai kriteria praktis berdasarkan respon siswa dengan persentase 93,82% dari standar ≥ 75%. Kriteria keefektifan terlihat dari hasil analisis tes hasil belajar siswa dimana hasil belajar siswa telah mencapai rata-rata skor nilai 77,79 atau berada di atas KKM 75 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 85.29% dari standar 75%. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Mobile learning, Android.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 15 Jul 2023 03:26
Last Modified: 15 Jul 2023 03:26
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5248

Actions (login required)

View Item View Item