PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN

SARI, NURDIANA SUKMALA (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI REVISI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar matematika terintegrasi nilai-nilai keislaman yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Berdasarkan analisis uji coba lapangan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar teringrasi nilai-nilai keislaman telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas Va di MI NW 5 Pancor yang berjumlah 26 siswa. Kriteria kevalidan terlihat dari hasil analisis kevalidan bahan ajar matematika yang memenuhi kriteria valid. Kriteria kepraktisan bahan ajar matematika dilihat dari: (1) skor angket kepraktisan sebesar 186 yang memnuhi kriteria baik digunakan, (2) skor lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 135 yang memenuhi kriteria sangat baik, (3) skor lembar aktivitas siswa sebesar 122 yang memenuhi kriteria baik, dan (4) skor angket respon siswa yang positif. Kriteria keefektifan bahan ajar matematika terlihat dari persentase ketercapaian ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 77% yang memenuhi kriteria baik dari 26 siswa yang mengikuti tes. Kata Kunci: Bahan Ajar, Matematika, Nilai-nilai Keislaman

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 15 Jul 2023 03:59
Last Modified: 15 Jul 2023 03:59
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5261

Actions (login required)

View Item View Item